Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Geografi Kelas 10, 1 Lembar K13 Revisi 2020

Download contoh RPP Geografi Kelas 10 1 Lembar Halaman Tahun 2020 semester 2 genap
Sebagai persiapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran tentunya Bapak dan ibu di haruskan membuat RPP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat harus sesuai dengan materi pembelajaran yang akan di laksanakan pada materi BG dan BS. Dalam pembuatannya juga harus sesuai dengan Ketentuan SE Mendikbud untuk RPP 1 Lembar Halaman serta Buku Guru dan Siswa. Membantu Bapak dan Ibu pada Kelas 10 Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan RPP untuk tahun 2020 sesuai dengan surat edaran penyederhanaan RPP Menteri Pendiidkan dan Kebudayaan Nadiem Makariem Nomor 14 Tahun 2019.

Perangkat Pembelajaran K13 yang dibagikan ini dibuat berdasarkan Buku revisi 2017 dan 2018 dari Kemendikbud. Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan referensi atau contoh RPP untuk mata pelajaran Geografi pada Semester 1 ganjil gasal dan 2 genap. Bagi Anda Guru Mapel tersebut di Kelas X pada jenjang SMA dan MA, yang pada kesempatan artikel ini sedang mencari dan membutuhkan file RPP 1 Lembar untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengejar Anda dapat download pada link dibawah ini.

Perubahan RPP yang sebelumnya memuat 13 Komponen dengan adanya SE tersebut kini hanya 3 Komponen saja. Perubahan tersebut tentunya sangat meringankan tugas Guru karena sebelum adanya penyederhanaan RPP 1 Lembar Halamnan Guru yang harus menghabiskan waktu yang cukup banyak dalam menyusun RPP baik Kurikulum 2013 , padahal seharusnya waktu tersebut bisa lebih difokuskan pada kegiatan persiapan dan evaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Surat edaran bernomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1 Lembar itu memuat empat poin yang terdiri atas:
  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkankomponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya bagi keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat guru dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan sesuai poin 1, 2, dan 3.
Itulah sekilas penjelasan mengenai RPP untuk K13 jenjang SMA dan MA selengkapnya mengenai file tersebut dapat Bapak dan Ibu download secara lengkap untuk Kelas 10 pada link dibawah ini:
RPP Geografi SMA MA Format 1 Lembar Sesuai SE Mendikbud UNDUH DISINI

Perangkat pembelajaran lainnya:
RPP Geografi Kelas X Semester 1 dan 2 Lengkap UNDUH DISINI

Demikian yang dapat Admin bagikan semoga Rencana pelaksanaan pembelajaran ini memberikan manfaat dalam kegiatan belajar mengajar yang akan Bapak dan Ibu laksanakan.