Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal KSM/ OSN SMA Kimia Tahun 2020

Download contoh Soal dan jawaban KSM/ OSN SMA Kimia Tahun 2020
Pembahasan pada artikel ini yang akan Admin sajikan bagi Bapak dan Ibu pada jenjang SMA yaitu Kompetisi Sains Nasional yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional yang diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sains, teknologi, dan matematka, kegiatan ini juga sesungguhnya adalah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportf, tekun, kreatf, tangguh dan cinta tanah air. Melalui KSN juga kita peroleh siswa terbaik calon-calon duta bangsa yang akan kita ikutsertakan dalam Kompetsi sains internasional.

Kompetsi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetsi ini juga merupakan bagian pentng dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara konsisten terus mengembangkan program pembinaan olah pikir peserta didik melalui kegiatan Kompetsi Sains Nasional (KSN). Sampai saat ini KSN meliput 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu salah satunya bidang Kimia yang akan Admin bagikan contoh soalnya.

Membantu Bapak dan Ibu dalam meningkatkan kemampuan Siswa-siswi yang akan mengikuti kegiatan OSN atau KSN di tahun 2020, Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan contoh soal Kimia secara lengkap dengan jawaban serta pembahasannya. Soal ini dibuat berdasarkan Kisi-kisi Olimpiade sains nasional atau  Kompetsi Sains Nasional. Selengkapnya mengenai soal tersebut dapat Anda download pada link dibawah ini :
Soal KSM SMA Kimia  DOWNLOAD DISINI + Pembahasan DOWNLOAD DISINI

Tujuan umum penyelenggaraan KSN atau OSN SMA :
  1. Mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul,
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.
Tujuan khusus penyelenggaraan KSN atau OSN SMA :
  1. Menyelenggarakan seleksi secara berjenjang bagi peserta KSN dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional,
  2. Menyeleksi siswa yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu bidang Kimia
  3. Menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia untuk kompetisi tingkat internasional.
KSN diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sains, teknologi, dan Kimia, kegiatan ini juga sesungguhnya adalah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportf, tekun, kreatf, tangguh dan cinta tanah air. Melalui KSN juga kita peroleh siswa terbaik calon-calon duta bangsa yang akan kita ikutsertakan dalam Kompetsi sains internasional.