Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal KSM/ OSN SMP IPA Tahun 2020

Download soal dan pembahasan contoh soal latihan KSM/ OSN SMP IPA Tahun 2020
Pembahasan pada artikel ini yang akan Admin sajikan bagi Bapak dan Ibu pada jenjang SMP yaitu Kompetisi Sains Nasional yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional yang memiliki tujuan Umum dan Khusus. Tujuan umum dilaksanakanya kegiatan KSN atau OSN yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang IPA yang berasaskan pendidikan karakter. Dan tujuan Khusus yaitu Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar IPA. Membangkitkan minat dan kegemaran siswa terhadap bidang IPA. Menumbuhkembangkan kemampuan siswa untuk berfikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan. Menanamkan kesadaran dan keberanian siswa untuk mencoba, belajar menerapkan secara langsung, dan dapat berprestasi secara optimal. Menanamkan sifat kompetitif dan kerjasama yang sehat sejak dini. Memetakan kemampuan siswa dalam bidang IPA sesuai standar mutu pendidikan secara nasional. Mengidentifikasi siswa berprestasi di setiap sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dalam bidang IPA . Menyeleksi siswa terbaik tingkat nasional pada jenjang SMP, MTs atau yang sederajat untuk diikutsertakan pada perlombaan tingkat internasional. Serta Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam bidang IPA.

Inilah Soal, Jawaban dan Pembahasan KSM OSN SMP IPA Tahun 2020

Penyelenggaraan kegiatan KSN/ OSN SMP Tahun 2020 diharapkan dapat mampu meningkatkan atmosfer kompetisi secara sehat dan jujur antar sekolah, sehingga sekolah akan berlomba untuk dapat meningkatkan mutu pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA . Selain itu diharapkan mampu memotivasi peserta didik untuk mencintai sains.

Membantu Bapak dan Ibu dalam meningkatkan kemampuan Siswa-siswi yang akan mengikuti kegiatan OSN atau KSN di tahun 2020, Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan contoh soal IPA secara lengkap dengan jawaban serta pembahasannya untuk jenjang SMP. Soal ini dibuat berdasarkan Kisi-kisi Olimpiade sains nasional atau  Kompetsi Sains Nasional. Selengkapnya mengenai soal tersebut dapat Anda download pada link dibawah ini :
Soal KSM OSN SMP IPA DOWNLOAD DISINI

Melalui lomba Olimpiade ini diharapkan terjadi peningkatan minat dan prestasi siswa dalam bidang IPA. Selain itu, penyelenggaraan OSN juga diharapkan akan mampu memilih siswa yang mampu berprestasi pada lomba tingkat nasional dan internasional.