Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Panduan Penulisan Soal HOTS (Higher order thinking skills) Kemendikbud 2019

Download Buku Panduan Penulisan Soal HOTS (Higher order thinking skills) Kemendikbud 2019
Berikut Admin bagikan salah satu buku penting untuk kegiatan belajar mengajar yang bersumber dari Kementrian pendidikan dan kebudayaan di tahun 2019. Buku ini merupakan bagian dari rangkaian buku penilaian yang diterbitkan Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Penilaian Tes Tertulis, Penilaian Kinerja, Penilaian Formatif, dan Penilaian Karakter. Pembaca juga diharapkan mencermati buku-buku tersebut disamping buku Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) ini.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang lebih dikenal HOTS (higher order thinking skills) merupakan topik yang hangat dibicarakan di dunia pendidikan. Isu yang menjadi perhatian adalah rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik Indonesia, seperti ditunjukkan hasil studi internasional PISA (Programme for International Student Assessment). Padahal keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu modal individu untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia nyata dengan perubahan yang semakin cepat.

Pembelajaran dan penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi pada hakikatnya merupakan pembelajaran dan penilaian bermakna bukan sekadar menghapal karena pembelajaran dan penilaian ini memungkinkan peserta didik untuk dapat : 1) mentransfer, menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimilikinya ke konteks yang baru atau cara yang lebih kompleks; 2) berpikir kritis, menerapkan pertimbangan yang bijaksana (wise judgement) atau menghasilkan kritik yang berdasar (reasoned critique); 3) menyelesaikan masalah, mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dalam kehidupannya.

Hadinya buku soal ini Admin harapkan dapat membantu Bapak dan Ibu dalam pembuatan soal yang baik dan benar untuk pembelajaran Kurikulum 2013. Dapat Bapak dan Ibu simak sekilas penjelasan dari file buku ini pada tulisan diatas. Selengkapnya mengenai buku dalam bentuk pdf dapat Anda unduh pada link dibawah ini:
Buku Panduan Penulisan Soal HOTS (Higher order thinking skills) Kemendikbud 2019 DOWNLOAD DISINI