RAPOR PENDIDIKAN INDONESIA
Rapor Pendidikan Identifikasi, Refleksi, Benahi
Berikut Admin bagikan secara lengkap file Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia.
Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia
kependidikan ini didapatkan? ....................................................................................................10
Apa maksud dari “Data Belum Tersedia”? .........................................................................11
Dari mana data pengelolaan satuan pendidikan yang partisipatif,
transparan, dan akuntabel ini didapatkan? ......................................................................11
Apakah data Rapor Pendidikan bisa diunduh?..............................................................11
Data apa saja yang akan dimuat pada hasil unduhan
Rapor Pendidikan?..............................................................................................................................11
Apa saja data rincian yang akan didapatkan pada hasil
unduhan tersebut?.............................................................................................................................11
Apakah ada perbedaan rincian data yang dimiliki satuan
pendidikan dan dinas?.....................................................................................................................12
Apakah data yang diunduh bisa saya bagikan kepada pendidik? ...................12
Apa yang bisa dilakukan setelah saya mengunduh
Rapor Pendidikan?..............................................................................................................................12
Bagaimana cara mengunduh data secara detail?.......................................................12
Kapan sebaiknya saya mengunduh data tersebut?....................................................13
Apakah Rapor Pendidikan harus diakses secara daring? .......................................13
Apa yang harus dilakukan jika hasil Rapor Pendidikan tidak
sesuai dengan standar?..................................................................................................................13
Apa yang akan didapatkan jika hasil Rapor Pendidikan baik?............................13
Jika saya merasa angka di Rapor Pendidikan ini tidak sesuai,
siapa yang bisa saya hubungi?...................................................................................................14
Apa yang perlu saya lakukan jika hasil literasi dan numerasi di satuan
pendidikan saya rendah? ...............................................................................................................14
Apakah diperlukan keahlian khusus untuk memaknai hasil
dari Rapor Pendidikan? ...................................................................................................................14
Bagaimana cara membaca data yang ada di platform
Rapor Pendidikan?..............................................................................................................................14
Apa yang bisa dilakukan setelah melihat Rapor Pendidikan?.............................15
Siapa pihak dari pemerintah daerah dapat menindaklanjuti
hasil Rapor Pendidikan?..................................................................................................................15
Bagaimana cara Rapor Pendidikan bisa membantu proses
belajar mengajar? ..............................................................................................................................15
Bagaimana cara satuan pendidikan melakukan refleksi diri
berdasarkan hasil Rapor Pendidikan?...................................................................................15
Siapa yang akan menindaklanjuti sejauh mana rapor akan
digunakan oleh satuan pendidikan? .....................................................................................16
Mengapa harus mengacu pada Rapor Pendidikan untuk
perencanaan satuan pendidikan?...........................................................................................16
Rapor Pendidikan berlaku untuk jenjang apa saja? ...................................................16
Seberapa sering pengguna akan mendapatkan pembaruan
data dari Rapor Pendidikan? .......................................................................................................16
Apakah satuan pendidikan perlu melakukan input data?.....................................17
Dari mana saja sumber data Rapor Pendidikan untuk
satuan pendidikan?............................................................................................................................17
Dalam rentang berapa tahun keterbaruan data dalam
Rapor Pendidikan?..............................................................................................................................17
Data apa saja yang mengukur pengelolaan sekolah yang
partisipatif, transparan, dan akuntabel di jenjang
pendidikan dasar dan menengah?.........................................................................................17
Apakah ada data satuan PAUD di Rapor Pendidikan?..............................................17
Apa saja data yang mengukur kualitas proses pembelajaran PAUD?...........18
Apa saja data yang mengukur kualitas pengelolaan satuan PAUD?..............18
Apa saja data yang digunakan untuk mengukur kompetensi
dan kinerja di jenjang pendidikan dasar dan menengah? ....................................18
Apa saja data yang digunakan untuk mengukur mutu dan relevansi
pembelajaran di jenjang pendidikan dasar dan menengah................................19
Mengapa antar indikator memiliki rentang yang berbeda? ................................19
Apa itu Dimensi?..................................................................................................................................19
Apa itu Indikator? ................................................................................................................................20
Mengapa indikator dibagi manjadi beberapa layer?..................................................20
Ada berapakah dimensi dalam Rapor Pendidikan Dasar dan
Menengah Dalam Rapor Pendidikan Dasar dan
Menengah terdapat 5 dimensi, yaitu:....................................................................................20
Ada berapakah dimensi dalam Rapor Pendidikan Anak Usia Dini?................21
Apa itu Asesmen Nasional?..........................................................................................................21
Mengapa perlu diadakan Asesmen Nasional? ...............................................................21
Apakah Asesmen Nasional dapat menentukan kelulusan
peserta didik?.........................................................................................................................................22
Apakah Asesmen Nasional menggantikan UN?............................................................22
Mengapa yang diukur adalah literasi dan numerasi?................................................23
Siapa saja yang harus mengikuti Asesmen Nasional? ..............................................23
Berapa persen batas minimal, banyaknya guru yang mengikuti
Asesmen Nasional? ............................................................................................................................24
Apakah Asesmen Nasional akan digunakan untuk
memeringkatkan sekolah di Indonesia?.............................................................................24
Bagaimana hasil Asesmen Nasional ini dimanfaatkan oleh
satuan pendidikan?............................................................................................................................24
Apa tindak lanjut dari satuan pendidikan dengan hasil AKM?...........................24
Apakah hasil dari Asesmen Nasional akan muncul di
Rapor Pendidikan?..............................................................................................................................25
Apakah Asesmen Nasional dapat menentukan hasil nilai dari Rapor
Pendidikan?.............................................................................................................................................25
Apakah hasil nilai Rapor Pendidikan dapat dijadikan sebagai penentu
kualitas satuan pendidikan? ........................................................................................................25
Apa itu Perencanaan Berbasis Data?.....................................................................................25
Apa tujuan dari Perencanaan Berbasis Data?.................................................................26
Bagaimana penerapan Perencanaan Berbasis Data bagi satuan
pendidikan/dinas pendidikan?...................................................................................................26
Apa hubungan Perencanaan Berbasis Data dengan
Rapor Pendidikan?..............................................................................................................................26
Apa yang perlu diketahui oleh satuan atau dinas pendidikan
terkait dengan Perencanaan Berbasis Data? ..................................................................26
No comments: