Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Panduan Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD MI SMP MTs SMA MA SMK

Buku Panduan Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD MI SMP MTs SMA MA SMK
Dalam pelaksanaan penilaian untuk Kurikulum 2013 tentunya banyak yang harus di pahami baik dan pengertian dan fungsinya serta bagaimana cara melaksankan penilaiannya. Maka dari itu agar kegiatan penilaian dapat berjalan dengan baik dan benar Bapak dan Ibu akan membutuhkan panduan, agar tidak terjadi kesalahan dalam penilaian yang di laksanakan. Melihat hal tersebut Admin akan membagikan Buku panduan pelaksanaan penilaian K13 untuk semua jenjang pendidikan SD MI SMP MTs SMA MA SMK. Buku ini di keluarkan tahun 2017 sebagai pelengkap bagi Buku Guru dan Siswa edisi revisi.

Di dalam buku panduan ini Bapak dan Ibu akan di bantu perihal penilaian yang baik dan benar lengkap dengan berbagai format penilaianya. Admin membagikan file ini sebagai persiapan kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran 2018-2019 pada semester 1 ganjil dan 2 genap. Selengkapnya mengenai Buku kurikulum 2013 tersebut Bapak dan Ibu dapat download melalui link di bawah ini:

Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrumen yang dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik. Tes tertulis secara umum dapat dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban (non-constructed response test), peserta didik hanya memilih dari jawaban yang disediakan, dan tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena dipandang tidak dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Link download Buku Penilaian K13 Tahun 2017:
Pand. Penilaian K13-SMK revisi 2017
Panduan Penilaian K13-SMA revisi 2017
Panduan Penilaian K13-SMP revisi 2017
Panduan Penilaian K13-SD
Salinan Lamp SK Dirjen Struktur Kurikulum SMK No 130
Panduan Penilaian SDPanduan Penilaian SMP
Link Panduan Penulisan Soal 
Pedoman Penulisan Soal SD MI.pdf
Pedoman Penulisan Soal SMP MTs.pdf
Pedoman Penulisan Soal SMA MA SMK MAK.pdf

Penilian Kurikulum 2013 Baru SD MI SMP MTs SMA MA SMK

Dengan adanya buku penilaian ini, di harapkan proses kegiatan pembelajaran K13 yang Bapak dan Ibu laksanakan dapat berjalan dengan baik dan benar, Proses penilaian pun dapat di jalankan dengan berbagai cara dan format yang benar sesuai dengan peraturan dan program yang ada.